Dana Pensiun Pertamina Meraih Sertifikasi Sistem Management Anti Penyuapan ISO 37001-2016

Dana Pensiun Pertamina Meraih Sertifikasi Sistem Management Anti Penyuapan ISO 37001-2016

By Septimius Hartono

Chief Audit Executive


Setelah meraih Sertifikasi ISO 27001-2005 tentang Sistem Manajemen Keamanan Informasi, pada penghujung tahun 2023, DPP telah lulus sertifikasi ISO 37001-2016 atau dikenal dengan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP).

Tujuan dari implementasi SMAP ini adalah untuk membantu perusahaan agar dapat mencegah dan mengurangi risiko korupsi atau penyuapan yang dilakukan oknum tertentu di dalam perusahaan.

Dengan diraihnya sertifikasi ISO 37001-2016, maka  DPP mempunyai manajemen pengendalian dengan melalui pencegahan, pendeteksian dan penanganan praktik penyuapan.

Manfaat dari penerapan SMAP yaitu dapat mencegah terjadinya risiko penyuapan atau korupsi dan memperkuat sistem manajemen perusahaan. Selain itu, penerapan SMAP tersebut menunjukan komitmen dan kesungguhan manajemen dalam mencegah terjadinya penyaupan dan korupsi di perusahaan.

Hal ini tentunya akan berdampak pada peningkatan kepercayaan stakeholder terhadap kelangsungan proses bisnis yang ada. Adapun ruang lingkup SMAP tersebut dilaksanakan pada seluruh proses bisnis DPP.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *